Jumat, 25 Desember 2020

Tips Membuat Surat Lamaran Kerja Supaya Cepat Diterima

Surat lamaran kerja merupakan salah satu faktor penting yang menentukan berhasil tidaknya seseorang ketika seleksi karyawan di perusahaan impiannya. Tentu saja benar, sebab pengalaman kerja bertahun-tahun serta curriculum vitae yang dibuat tidak dapat menjamin kesuksesan setiap individu. Perlu disadari bahwa banyak kandidat lain yang kemungkinan besar akan bersaing memperebutkan posisi yang ingin Anda tempati. Maka dari itu, lamaran kerja yang Anda buat dalam surat tertulis sangat mempengaruhi penilaian dari tiap-tiap perusahaan.


Nah, tahukah Anda kalau pihak perusahaan bisa dipikat menggunakan cara efektif seperti surat lamaran pekerjaan yang menarik? Untuk menjadi lebih unggul dibandingkan kandidat lain, Anda harus memiliki kemampuan menulis surat lamaran pekerjaan supaya cepat diterima. Berikut tips yang bisa diikuti tiap-tiap pelamar kerja!

Tips Membuat Surat Lamaran Pekerjaan yang Efektif Diterima

Unggul tidaknya seorang pelamar kerja dibanding kandidat lain dapat ditentukan oleh surat lamaran pekerjaan yang dikirimkan ke perusahaan. Penulisan surat tersebut memang tidak bisa sembarang, sebab ada kiat sukses supaya cepat diterima. Menurut Linda Spencer, selaku penasehat karir dari Harvard Extension School memaparkan bahwa ada dua jawaban penting yang seharusnya ada dalam sebuah surat lamaran pekerjaan. Pertanyaan pertama adalah apakah calon pelamar kerja cocok dengan posisi pekerjaan yang akan ditempati, dan pertanyaan kedua apakah calon pekerja tersebut bisa menambah nilai perusahaan yang bersangkutan.

Untuk membaca dokumen tersebut, hanya selama 7 detik saja waktu yang dibutuhkan oleh perusahaan. Pihak ini hanya menggunakan teknik skimming (membaca cepat) dan tidak membaca surat lamaran kerja yang Anda buat dengan teliti. Oleh karena itu, bagi pelamar kerja yang ingin mendapat nilai tambah, silahkan utarakan dengan jelas maksud dan tujuan pada dokumen tersebut. Ingin menulis surat lamaran pekerjaan yang baik dan cepat diterima perusahaan tertarget? Seperti berikut tipsnya!

1. Secara Spesifik Menulis Nama Orang yang Dituju

Menuliskan secara spesifik nama orang yang menjadi tujuan dari surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu cara cepat pelamar kerja dilirik oleh perusahaan. Anda dan calon pelamar kerja lainnya dapat mencoba melakukan tips ini sekarang juga karena sangat mudah.

Sebagai contoh, dokumen ini ditujukan kepada kepala departemen atau manajer HRD. Silahkan tulis nama lengkap, alamat, nama perusahaan dan jabatan yang diampu orang tersebut di surat lamaran pekerjaan milik Anda. Dapat juga memanfaatkan LinkedIn ketika Anda membutuhkan informasi kepala departemen atau manajer HRD tetapi tidak tahu orang yang dituju secara spesifik.

2. Menjelaskan Maksud dan Tujuan Dokumen

Tidak perlu bertele-tele dalam menulis kata pembuka surat lamaran pekerjaan Anda. Gunakan kalimat pembuka yang lugas, tegas, jelas, dan inilah yang dikatakan pakar karier di Harvard. Para pelamar kerja seharusnya menyertakan maksud dan tujuan dari penulisan dokumen tersebut, mulai dari posisi yang dilamar hingga penjelasan mengenai sumber informasi lowongan kerja tersebut.

3. Tidak Menulis CV Ulang

Jangan merangkum CV seperti esai di surat lamaran pekerjaan Anda. Cukup jelaskan alasan mengapa Anda tertarik bergabung dengan perusahaan tersebut, baik itu karena visi misi yang sama atau alasan lainnya. Disarankan para pelamar kerja menggunakan bahasa sendiri, tidak terlalu kaku dan formal jika ingin surat lamaran Anda lebih cepat “digigit”. Anda juga dapat menekankan pada keterampilan atau keahlian yang dibutuhkan posisi tersebut, dan jangan lupa menyertakan pengalaman kerja yang relevan dan pendidikan yang ditempuh sebelumnya.

Demikian tips sukses menulis surat lamaran kerja supaya cepat diterima perusahaan yang ditargetkan. Semoga sukses dalam pekerjaan Anda!

Deskripsi: Surat lamaran kerja yang baik menjadi kunci sukses lolos di suatu perusahaan. Seperti tips berikut tentang penulisan surat lamaran pekerjaan yang efektif.

Load disqus comments

0 komentar