Selasa, 31 Agustus 2021

Masalah Kirim Paket Luar Negeri yang Sering Terjadi dan Cara Mengatasinya

Bisa dikatakan jika saat ini pengiriman paket ke luar negeri sudah menjadi hal yang biasa, terutama untuk para pelaku bisnis online dan juga perusahaan dengan pelanggan internasional. Tidak hanya itu, saat ini pun juga sudah banyak ekspedisi yang memberikan layanan kirim paket luar negeri sehingga bisa menjadi mitra bisnis yang tepat.



Meskipun tampak mudah, namun tetap saja ada risiko dan masalah yang bisa terjadi dalam proses pengiriman paket ke luar negeri. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa masalah pengiriman paket ke luar negeri yang cukup sering terjadi dan cara untuk mengatasinya.

Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Beberapa Masalah Pengiriman ke Luar Negeri yang Sering Terjadi

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa masalah yang cukup sering terjadi dalam proses pengiriman paket ke luar negeri. Nah, beberapa masalah tersebut dan langkah yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah sebagai berikut:

1)      Pengiriman paket yang terlalu lama

Jarak yang lebih jauh dan proses yang lebih panjang memang kerap menjadi sebab kenapa pengiriman paket ke luar negeri cenderung lebih lama. Namun, selain hal tersebut, bisa juga proses pengiriman yang lama tersebut disebabkan ekspedisi yang kurang profesional. Oleh karenanya, Anda perlu memilih jasa ekspedisi yang profesional untuk hal ini.

Selain itu, keterlambatan pengiriman barang juga bisa disebabkan karena dokumen pengiriman yang tidak lengkap, seperti tidak adanya nomor telepon tujuan atau lainnya. Hal tersebut tentu akan menyulitkan pihak kurir. Oleh karenanya, sebelum mengirim paket tersebut, pastikan jika dokumen yang diperlukan sudah diisi dengan lengkap.

2)      Adanya kerusakan pada paket

Pada proses pengiriman hingga ke alamat tujuan, tentu saka ada risiko paket yang rusak karena beraga hal. Paket yang rusak tersebut kerap menyulitkan pengiriman sehingga barang bisa saja tidak akan sampai ke alamat tujuan.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan jika Anda mengemas paket dengan tepat dan aman. Gunakan lapisan pengaman seperti bubble wrap beberapa lapis atau packing kayu demi keamanannya. Selain itu, perhatikan detail kecil seperti melapisi alamat tujuan agar tidak luntur terkena air dan lainnya.

3)      Barang tertahan di bea cukai

Masalah lain yang juga kerap terjadi dalam pengiriman paket ke luar negeri adalah barang yang tertahan di bea cukai. Tentu, ada beberapa alasan kenapa paket yang terkirim tersebut tertahan. Salah satu alasan yang sering terjadi adalah paket yang dikirim melanggar ketentuan dari negara tujuan sehingga tidak bisa dikirimkan.

Selain itu, paket juga bisa ditahan di bea cukai karena kelengkapan dokumen yang kurang. Dalam hal ini, tentu Anda harus memastikan jika paket yang dikirim tidak melanggar ketentuan dan aturan yang telah dibuat oleh negara tujuan.

Juga, pastikan jika Anda melengkapi dokumen yang diperlukan dalam paket pengiriman tersebut. Dalam hal ini, Anda bisa meminta tolong pada pihak jasa ekspedisi untuk mengetahui dokumen apa saja yang diperlukan dalam proses pengiriman paket tersebut.

Nah, beberapa hal di atas adalah masalah pengiriman paket ke luar negeri yang cukup sering terjadi. Untuk meminimalkan masalah tersebut, pilihlah jasa ekspedisi luar negeri yang berpengalaman sehingga bisa membantu kebutuhan Anda.

Untuk rekomendasi ekspedisi, Anda bisa menggunakan layanan yang disediakan oleh Kilo.id. Tidak hanya profesional, Kilo.id juga menawarkan ongkir ke Taiwan dan beberapa negara tujuan lain dengan lebih terjangkau!

Deskripsi: kirim paket luar negeri kini lebih mudah dilakukan. Namun, ada beberapa masalah yang perlu diketahui dan diatasi demi kelancaran proses pengiriman tersebut.

Load disqus comments

0 komentar